Oli “Gardan” Rekomendasi ATPM Isinya Oli Mesin !
Pertama-tama, saya ingin luruskan dulu kalau di Scooter Matic itu tidak menggunakan Gardan (Differential), yang benar adalah Gearbox yang didalamnya terdapat Gear Ratio. Itulah kenapa pada judul artikel ini saya berikan tanda kutip pada istilah “Gardan” karena sudah menjadi istilah umum yang merujuk pada Gearbox Scooter Matic. Padahal Gearbox itu equivalent dengan Transmission, hanya saja pada Scooter Matic, Transmission Gear bersifat Static/Fix, karena menggunakan CVT (Continuously Variable Transmission) untuk perubahan Rasio-nya.
Ketika Searching di Google tentang Gear Oil untuk Scooter Matic, kita biasanya sering membaca Statement dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk):
Gunakanlah Oli Gardan khusus untuk Motor Matic Anda karena Khusus Diformulasikan dan Didesain untuk Gardan Motor Matic
Tentunya tidak persis sama seperti Quote diatas, masing-masing punya variasi kalimatnya masing-masing, hanya yang pasti intinya demikian. Lucunya, ada yang menambahkan kalimat “Memperhalus Perpindahan Gigi pada Motor Matic” 😀
Apakah Anda yakin Oli Gear yang Anda gunakan itu memang Khusus Diformulasikan untuk Gearbox ?
Bagi Anda yang sudah menggunakan Sepeda Motor jenis Scooter Matic sejak awal-awal kehadirannya pasti mengalami diamana seluruh bengkel termasuk bengkel resmi dari ATPM mengisi Gearbox Motor Matic menggunakan Oli Mesin, biasanya Oli Mesin kemasan 1 Liter (1000 mL), 800 mL untuk Mesin, lalu sisanya 120 mL – 200 mL diisikan ke Gearbox. Menurut penelusuran saya, YIMM (Yamaha) lah yang memulai “Trend” itu, yang diikuti oleh ATPM Motor Jepang lainnya yakni AHM (Honda) dan SIM (Suzuki), padahal “Mbahnya” Scooter Matic yakni Kymco dari dulu sampai sekarang tetap menggunakan Gear Oil API GL-4 atau 5 SAE 90 atau 80W-90.
Kenapa saat itu Bengkel “Mengakali” Oli untuk Gearbox menggunakan Oli Mesin ?
Karena saat itu memang jenis Scooter Matic masih merupakan “Barang Baru”, bahkan dulu belum ada JASO MB. Oli Mesin JASO MA menjadi Oli Mesin Resmi untuk Scooter Matic saat itu. Lucunya, JASO MB itu tidak ada yang Special, karena sebenarnya JASO MB adalah Oli Mesin yang tidak dilakukan Downgrade pada penggunaan Friction Modifier Additives, karena Scooter Matic menggunakan Dry Clutch, itulah kenapa saya sering mengatakan PCMO (Oli Mobil) adalah JASO MB Applicable.
Semata-mata demi kepraktisan pihak Bengkel Resmi saat itu, digunakanlah Oli Mesin pada Gearbox, dengan cara membeli Oli 1 Liter, isi 800 mL ke Mesin, sisanya ke Gearbox. Mereka lupa ada Pemain Lama yakni Kymco yang menggunakan Gear Oil API GL-4 SAE 90 pada Gearbox Scooter Matic produksinya.
Itu kan Kymco ? 😀
Yamaha dan Honda sebenarnya Secara International juga menggunakan Gear Oil dengan Spesifikasi API GL, namun ATPM Indonesia “meremehkan” Beban Kerja Gearbox dengan mereka katakan “Tidak Seberat Beban Kerja Mesin”, padahal itu hanya sebuah Propaganda Marketing agar mereka tidak perlu memesan Gear Oil API GL pada Produsen Oli, mereka hanya cukup Re-packing Oli Mesin dengan Kemasan Khas Gear Oil yang memiliki Tutup Botol berupa Corong.
ATPM mana peduli Efek Jangka Panjang, apalagi pada Gearbox yang seakan dilupakan oleh Pemiliknya, bukankah ketika Anda yang mencari Artikel tentang bagaimana cara mengganti Gear Oil untuk Scooter Matic seringkali melihat Oli yang dikeluarkan oleh Bloger yang menulis Artikel tersebut Hitam ?
Anda tau tidak kalau Oli pada Gearbox menjadi Hitam itu artinya Bearing mengalami Keausan ?, seperti yang dialami Yamaha NMax baru-baru ini yang solusinya adalah mengganti Bearing Gearbox !
Bloger yang menulis Artikel tersebut tidak menyadari atau bahkan tidak tau apa penyebab Oli di Gearbox menjadi Hitam seperti itu, dan Gambar diatas bukan satu-satunya. Silahkan Anda Browsing dengan Keyword “Mengganti Oli Gardan Motor Matik”, maka Anda akan menemukan banyak kondisi seperti di atas dari berbagai Merk dan Jenis Motor.
Berikut adalah Oli “Gardan” khusus Scooter Matic yang diproduksi oleh Honda dan Yamaha diluar negri sana.
Jadi, jika sekarang muncul Statement yang mengatakan harus pakai Oli Khusus Gearbox maka itu berarti hanya bahasa marketing saja, dan faktanya memang demikian, isinya Oli Mesin !. Perbedaan harganya lumayan banyak karena memang kita dapat Value lebih yaitu kemudahan dalam pengisiannya yaitu tidak perlu mengukur Volume Oli (biasanya 120mL) dan juga desain tutup botol Oli Khusus Gearbox yang berbentuk Corong sangat memudahkan proses “Inject” Oli kedalam Gearbox. Tapi kalau isinya Oli Mesin ?
Saya, lebih baik menggunakan Gear Oil sesuai Rekomendasi ATPM International yakni API GL-4 SAE 80W-90 😀
Apa jadinya jika Oli Mesin digunakan pada Gearbox Scooter Matic ?
Sebagai Catatan, jangan mengatakan “Di Motor saya baik-baik saja tuh” kalau belum melakukan “Light Test” seperti dibawah ini, yakni dengan menyorotkan Cahaya Senter (Lebih baik Senter LED, bisa pakai Flashlight di Smartphone Anda) pada Oli yang tertampung di Wadah yang sebelumnya dipastikan Bersih.
Saya sudah Riset menggunakan berbagai Merk dan Spesifikasi Oli Mesin, dan Hasilnya sama !, jadi jangan tanyakan soal Product Data Sheet ke saya, karena saya sudah menggunakan Oli Mesin dengan berbagai macam Properties di Data Sheet, Hasilnya sama, baik itu Oli Mesin Mobil Bensin, Diesel, maupun Oli Mesin Motor (MCO).
Bisakah Anda melihat terdapat “Glitter” dipermukaan Oli pada Gambar diatas ?, itulah Serpihan Logam Bearing yang terkikis akibat Friksi yang terjadi ketika menggunakan Oli Mesin pada Gearbox Scooter Matic.
Bandingkan dengan Hasil Penggunaan Oli Gear MTF (Manual Transmission Fluid) API GL-4 SAE 80W-90 dibawah ini:
Lihat ?, Bening yah 😀
Kita tidak bicara Jangka Pendek, melainkan Jangka Panjang. Siapa coba yang mau Overhaul Gearbox untuk mengganti Bearing ?
Spesifikasi Oli Gear Rekomendasi ATPM Honda dan Yamaha
Untuk menjawabnya biar pihak AHM saja yang menjawabnya 😀
Itu kan dari Customer Service, bisa saja kan itu “Human Error”, kesalahan Informasi dari Staff Customer Service ?
Oke, kalau masih berani mengatakan NPT MIGAS “Human Error”, dengan cara pa lagi saya menyadarkan Anda ! 😀
Perhatikanlah Spesifikasinya, apakah sama dengan AHM Oil MPX2 yakni Oli Mesin AHM Oil untuk Sepeda Motor Matic produksi mereka ?
YIMM lebih terbuka mengenai Spesifikasi Scooter Gear Oil mereka:
Maka kalau sudah tau begini, yang sebenarnya didapatkan Customer adalah Desain Kemasan Khusus, karena tidak ada Formulasi Khusus Gear Oil sama sekali.
“Oli Khusus” Gearbox Scooter Matic kok menggunakan Standar untuk Oli Mesin?, Oli Gear itu seharusnya menggunakan Standar untuk Gear Oil yakni API GL-*, yang paling ideal adalah GL-4 dan yang terbaru adalah GL-5. Perbedaannya ada pada jumlah penggunaan Extream Pressure Additives yakni Sulphur Phosphorus yang pada API GL-5 lebih banyak daripada API GL-4.
Mengenai Perbedaan Kode Kekentalan
Pada Standard API-GL, Kode Viscosity memang berbeda dengan Standard API S/C (Oli Mesin), jika pada API GL tertulis SAE 80W-90, itu Equivalen (Sama Dengan) SAE 20W-40 pada Standard API S/C.
Memang terkesan “Mengerikan” ketika melihat SAE 80W-90. “Kental Banget !” 😀
Tapi perlu diketahui Metode Pengujian SAE untuk Oli Mesin dan Oli Gear itu berbeda !
Mengenai Drain Interval
Oli Gear “Khusus” dari ATPM biasanya disarankan dilakukan Penggantian setiap 6000 – 8000 KM (Ini karena “Meremehkan” Beban Kerja Gearbox Scooter Matic), atau setiap 3x Ganti Oli Mesin Motor yang cuma 2000 KM itu, lalu 1x Ganti Oli Gear.
Sedangkan Oli Gear MTF (Manual Transmission Fluid) API GL-4 SAE 80W-90 bisa digunakan bahkan sampai 50.000 KM !
Jika Anda sudah menggunakan Oli Mesin Mobil (PCMO) pada Scooter Matic yang Drain Interval bisa sampai 10.000 KM, maka sangat sebanding jika Anda juga menggunakan MTF pada Gearbox Scooter Matic Anda. Fair Enough 😀
Drain Interval MTF inilah yang menjadi Value yang tidak akan dilewatkan oleh Komunitas Long Drain Interval Community (LDIC) ketika saya Blow Up Penggunaan MTF pada Gearbox Scooter Matic disana 😀
50.000 KM itu kalau Pemakaian Normal bisa dicapai dalam Waktu 5 Tahun, Hati-Hati jangan sampai Lupa kalau Scooter Matic menggunakan Gearbox dan Gearbox tentu menggunakan Oli 😀
Kalau mau lebih Long Drain Interval daripada MTF, Anda bisa menggunakan PAG (Polyalkylene Glycols)Based Gear Oil, memiliki Drain Interval yang bisa dikatakan Lifetime (Selamanya), hanya saja PAG tidak bisa terkontaminasi Hydrocarbon (Mineral Based Gear Oil), karena akan Menggumpal, sehingga perlu dilakukan Flushing dengan sangat Sempurna, bahkan kalau perlu dengan cara Overhaul.
Ada yang masih mau pakai Oli Mesin pada Gearbox Scooter Matic ?
Recent Comments